Semester 4 : 9 Subjects and Yay! I'm IT Student

Semester 4
   Selanjutnya semester ke-4. Di tahun kedua ini, saya sudah mulai terbiasa dengan dunia IT. Dari mata kuliah programmingnya sampai menelaah bagian dalam computer. Di semester 4, mata kuliah bertambah 1 dibanding jumlah mata kuliah di semester 3. Berikut mata kuliah dan penjelasannya :

  • Analisa dan Perancangan Sistem Informasi
        Di dalam mata kuliah ini saya mempelajari tentang apa saja permasalahan-permasalahan di dalam suatu perusahaan. TIdak hanya itu, saya juga belajar bagaimana menyusun laporan untuk membuat suatu proyek besar di dalam dunia Komputer dan Informatika. Dari managemen biayanya, kemungkinan permasalahannya, sumber sumber informasinya, dan materi lainnya.

  • Arsitektur Komputer
  Arsitektur Komputer ini, bukan cara menggambar suatu rangka computer tapi disini saya mendapatkan materi tentang struktur computer terutama pada bagian hardwarenya.

  • English for Business
  Mata kuliah English for Business merupakan mata kuliah bahasa inggris yang mempelajari bahasa inggris di dalam lingkup perusahaan. Ntah itu saat  kita interview untuk melamat pekerjaan sampai presentasi yang baik dengan bahasa inggris. Disini saya mendapat pelajaran bermanfaat untuk nanti di aplikasikan dalam perusahaan.

  • Mobile Programming
  Mata kuliah ini, mempelajari bagaimana membuat suatu aplikasi berbasis android. Dari membuat tampilan hingga aplikasi tersebut dapat digunakan layaknya aplikasi-aplikasi yang terdapat di playstore android. Berikut tahapan-tahapan dalam membuat aplikais android :



  • Research Method
  Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang mengajarkan saya merancang sesuatu. Karena, di dalam mata kuliah ini saya mempuat penelitian untuk merancang alat. Saya mendapat materi tentang bagaimana membuat riset dan mencari sumber/informasi dari berbagai cara. Dari internet hingga buku. Sampai jadilah laporan penelitian, saat itu saya membuat perancangan alat yang dapat mendeteksi barang yang hilang.
Berbagai informasi saya dapatkan. Dari perancangan hardware hingga program yang harus dibuat di dalam arduino GPS shield agar barang yang hilang tersebut bisa dideteksi.

  • Statistika
  Mata kuliah statistika ini merupakan mata kuliah yang berhubungan dengan matematika di semester 4 ini. Saya mempelajari bagaimana mengolah data angka. Mencari nilai tengahnya, Nilai terbesarnya, Anova, Varian, dan lainnya.
Contoh :






  • Teknologi LAN

  Di dalam mata kuliah ini, saya mempelajari bagaimana mengkonfigurasi suatu router. Dengan menggunakan simulasi Packet Treaser lalu diaplikasikan dalam bentuk nyata.
Berikut beberapa materi yang saya dapatkan di mata kuliah ini :
  1. Configuring Static VLAN
  2. Verifying Static VLAN
  3. Deleting VLAN Configuration
  4. Switching Concepts
  5. Switch Configuration
  6. Spanning Tree Protocol
  7. Virtual LAN
  8. Virtual Trunking Protocol

  •      Visual Programming
  Di mata kuliah ini, saya mempelajari dan membuat suatu program yang berbasis user interface. Cukup menarik karena saya menggunakan aplikasi visual basic dalam membuat program sehingga lebih mudah disbanding C++ ataupun java. Materi yang di berikan cukup banyak, namun langsung di aplikasikan ke pembuatan program sehingga menjadi lebih mudah.
Materi diantaranya : membuat form, membuat perhitungan di dalam program, looping, dan lainnya.
·    
  •       Sistem Pengendali Mikro
  Di mata kuliah ini saya mempelajari system internal dalam suatu perangkat mikrokontroler. Dari bilangan binernya, gebang yang dipakai, sampai membuat rancangan dan jalur suatu alat.

Comments

Popular posts from this blog

Fungsi Agama dalam Kehidupan Modern

It's my 18'th Birthday

Kekangan Basisdata