Semester 3 : Second Year!!!

Semester 3
      Berlanjut ke semester 3. Hmmm sepertinya mata kuliah yang saya pelajari mengurang dibanding semester 1 dan semester 2. Tapi, bahasan materi yang di berikan dosen lebih berat disini. Berikut penjelasannya :

  • Computer Security and Disaster
  Apa sih mata kuliah ini maksudnya serem banget ada securitynya? Jadi, di mata kuliah ini saya belajar tentang keamanan computer dan bencana-bencana yang sering terjadi pada computer.  Dan lagi-lagi, disini saya belajar tentang Undang-Undang HAKI. Selain itu juga ada beberapa materi lainnya, seperti :
  1. Physical Security
  2. Cyber Law
  3. Cyber Law and Crime
  4. Computer Forensic
  5. Virus
  6. Operating System
  7. Cryptography
  8. Etika, Kejahatan & Privacy Komputer
  9. DisasterRecoveryPlan

  Semua materi beruhubungan dengan bencana dan cara mengamankannya. Karena di konsenterasi saya sangat penting mempelajari hal ini. Di dalam jaringan pasti terdapat berbagai bencana juga, sehingga mata kuliah ini termasuk ke dalam mata kuliah yang penting.

  • Pemrograman Basis Data
  Di semester sebelumnya, saya telah belajar dasar Basis Data/Database. Nah! Di semester ini adalah mengembangkan dari sebelumnya. Dari membuat Database hingga menjadi aplikasi yang dapat dipakai manusia. Bedanya dengan semester sebelumnya, saya memakai PHP My Admin sebagai aplikasi databasenya. Namun, di semester ini saya menggunakan Postgresql.


  • Interaksi Manusia dan Komputer
  Mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) ini termasuk ke dalam mata kuliah yang saya sukai. Karena saat akhir pembelajaran, saya diberi tugas akhir membuat design web bebas. Saya dan teman kelompok saya Muthia membuat sebuah website online yang bertemakan Korean Stuff.
Berikut topik bahasan di dalam mata kuliah ini :
  1. Faktor manusia pada perangkat lunak interaktif
  2. Teori, prinsip, dan pedoman
  3. Proses perancangan dan pengujian
  4. Alat bantu perangkat lunak
  5. Manipulasi langsung dan lingkungan maya
  6. Menu, formulir, dan kotak dialog
  7. Bahasa perintah dan bahasa alami
  8. Piranti interaksi
  9. Gaya presentasi
  10. Hypermedia dan World Wide Web
  11. Strategi banyak window
  12. Computer-Supported Cooperative Work
  13. Pencarian dan visualisasi informasi

  •      Object Oriented Programming
  Di semester ini saya bertemu lagi dengan programming. Namanya juga IT gak greget kalo gak melajarin programming. Object Oriented Programing ini mempelajari bagaimana membuat program yang beriorientasi objek. Di mata kuliah ini, saya membuat suatu program dengan menggunakan software Java.
Materi yang diajarkan, semuanya membuat suatu form pendaftaran ntah itu bank ataupun form pendaftaran lainnya.
·         Operating System
Di dalam mata kuliah OS ini, saya dapat mengetahui proses internat sebuah computer. Dari managemen memorinya, Penjadwalan proses suatu computer, management file, dan lainnya. Berikut materi yang saya dapat di OS :
  1. Pendahuluan
  2. Pengenalan Umum Sistem Operasi
  3. Struktur Sistem Operasi
  4. Manajemen Proses
  5. Penjadualan Proses
  6. Sinkronisasi dan Deadlock
  7. Manaajemen Memori
  8. Sistem Manajemen File
  9. Manajemen Sistem Input / Output
  10. Proteksi dan Security Sistem Komputer
  11. Materi Umum Sistem Terdistribusi (lanjutan Sistem Operasi


  •        Protokol Perutean

  Mata kuliah protocol perutean ini merupakan mata kuliah yang full jaringan di semester 3 ini. Disini saya belajar apa membuat suatu rancangan jaringan menggunakan packet treaser dari cisco, lalu mengaplikasikannya dalam bentuk nyata. Sehingga, di mata kuliah ini saya banyak aktifitas di lab jaringan.

  • System Information Management
  Di dalam mata kuliah ini, saya belajar management system informasi. Dari penjelasan apasih system informasi itu? Sampai perbedaan data dan informasi.

  • Website
  Mata kuliah websiter termasuk juga mata kuliah yang saya sukai. Di semester 3 ini, masih mempelajari bagaimana membuat website statis menggunakan HTML, Java Script, CSS, dan JQuery. Bagaimana membuat form di dalam website, memasukan gambar, video, dan lainnya.


Comments

Popular posts from this blog

Fungsi Agama dalam Kehidupan Modern

It's my 18'th Birthday

Kekangan Basisdata