Dandelion


"Dandelion adalah bunga yang ringan. Serpihannya dapat terbang tertiup angin sampai melewati samudra. Kemanapun tempatnya jatuh, ketika di atas tanah maka akan tumbuh menjadi indah"

Bunga dandelion biasanya mekar pada musim semi (spring). Penyebaran bunga ini biasanya dibantu oleh angin ataupun tiupan atau nafas dari manusia sehingga biji bunga dandelion yang halus langsung meninggalkan induknya untuk terbang lepas mengikuti langkah angin membawanya. Dan kemudian tumbuh kembali menjadi bunga dandelion yang baru, sungguh indah . . . 

Dandelion, atau yana di Indonesia sering disebut bunga Rumput, masuk ke dalam famili Asteraceae. Ternyata masih mempunyai hubungan famili dengan bunga Aster, Daisy, dan bunga Matahari.



Bunga ini berwarna kuning, karena biasanya kita menganggap kalau yang putih itulah bunga Dandelion. Akan tetapi, ternyata itu adalah benih bunganya, atau yang biasa disebut “Parachute Ball”.

 
Tanaman Dandelion tidak bercabang. Jadi, dalam satu batang hanya ada satu bunga. Kesalahan yang sering terjadi adalah, ketika kita menemukan bunga yang mirip seperti ini di tepi jalan, lantas kita menyebutnya bunga Dandelion hanya karena benihnya berterbangan setelah kita tiup. Belum tentu itu benar, pastikan dulu batangnya bercabang atau tidak. Jika tidak, itulah bunga Dandelion….

 
Dandelion kaya akan vitamin A, kalium dan bentuknya indah banget. Dandelion historis telah digunakan sebagai tonik hati dan pembersih, sebagai pembersih darah dan pembangun, dan sebagai diuretik ringan. Dandelion adalah "salah satu dari enam herbal teratas di dada pengobatan Cina,"


Taken from : (teks dan gambar)
http://nadhnadrahsadiyah.blogspot.com/2010/11/dandelion_22.html
http://mapple.blogdetik.com/the-first-flower
http://images.search.yahoo.com/images                 

0 komentar:


up