Data Definition Language and Perancangan Basis Data


1.    Praktekan seluruh command pada DDL


Penggunaan CREAT

 

Penggunaan USE


 Penggunaan ALTER


Penggunaan DROP



2.    Apa tujuan perancangan basis data?


  •  Untuk  memenuhi  kebutuhan-kebutuhan konten informasi dari  pengguna  dan  aplikasi-aplikasi tertentu.
  • Menyediakan struktur informasi yang alami dan mudah dipahami.
  • Mendukung  kebutuhan-kebutuhan    pemrosesan dan objektifitas  kinerja (waktu respon, waktu pemrosesan, dan ruang penyimpanan).
   3.   Apa yang dimaksud dengan macro lifecycle dan micro lifecycle, sebutkan perbedaannya ?

  •  Micro life cycle merupakan siklus hidup yang mencakup perancangan sistem informasi
  •  Micro life cycle merupakan siklus hidup yang hanya mencakup perancangan basis data.

Perbedaan diantara keduanya yaitu, macro life cycle digunakan dalam proses analisa kebutuhan pengguna, melakukan perawatan terhadap aplikasi basis data, serta melakukan pengujian terhadap aplikasi yang nantinya akan digunakan. Sedangkan micro life cycle digunakan untuk merancang aplikasi database secara logika dan fisik, dan melakukan update aplikasi basis data.

4.  Langkah apa saja yang dilakukan pada tahap pengumpulan dan analisa data ?

1. Menentukan kelompok pemakai dan bidang-bidang aplikasinya

Menentukan aplikasi utama dan kelompok pengguna yang akan menggunakan basis data. Individu    utama pada tiap-tiap kelompok pemakai dan bidang aplikasi yang telah dipilih merupakan peserta utama  pada langkah-langkah berikutnya dari pengumpulan dan spesifikasi data.

     2.   Peninjauan dokumentasi yang ada

Dokumen yang ada yang berhubungan dengan aplikasi-aplikasi dipelajari dan dianalisa. Dokumen-dokumen lainnya (seperti : kebijakan-kebijakan, form, report, dan bagan organisasi) diuji dan ditinjau kembali untuk menguji apakah dokumen-dokumen tsb berpengaruh terhadap kumpulan data dan proses spesifikasi.

     3.   Analisa lingkungan operasi dan pemrosesan data

Informasi yang sekarang dan yang akan datang diperinci dan dipelajari. Termasuk juga analisa jenis-jenis transaksi dan frekuensi-frekuensi transaksinya dan juga arus informasi dalam sistem. Informasi tersebut berupa input-output data.

     4.   Daftar pertanyaan dan wawancara

Jawaban pertanyaan–pertanyaan yang telah dikumpulkan dari para pemakai basis data yang berpotensi. Ketua kelompok (individu utama) dapat diwawancarai sehingga input yang banyak dapat diterima dari mereka dengan memperhatikan informasi yang berharga dan mengadakan  prioritas.

    5.    Apa yang dimaksud dengan Transaction throughput ?

Transaction throughput adalah rata-rata jumlah transaksi yang dapat diproses per menit oleh sistem basis data dan merupakan parameter kritis dari sistem transaksi (misal : digunakan pada pemesanan tempat di pesawat, bank, dll). Hasil dari fase ini adalah penentual awal dari struktur penyimpanan dan jalur akses untuk file-file basis data.

  6.    Lakukan perancangan basis data dengan terlebih dahulu melakukan pengumpulan dan analisa data dengan contoh kasus aplikasi yang anda tentukan sendiri
Harap diperhatikan : Hasil dari fase pertama akan dilanjutkan pada materi  berikut !


Comments

Popular posts from this blog

Fungsi Agama dalam Kehidupan Modern

It's my 18'th Birthday

Kekangan Basisdata